Terima Kasih pada komunitas TDA yang telah bersusah payah memfasilitasi workshop ritel di Jakarta 14 Nopember 2009 dengan menghadirkan salah satu pakar ritel dari yang sedikit di Indonesia yaitu CF Guswai.
Berikut ringkasan dari menimba ilmu beliau.
1. Kelayakan Biz & Aspek Keuangan
Banyak dari para peserta yang hadir tersenyum kecut saat dibahas masalah ini, karena merasa ditelanjangi dan menohok pada biz-nya masing-masing. Kebanyakan para UKM di Indonesia yang baru memulai biz, melupakan hal ini. Padahal ini adalah dasar ( Cetak biru ) dari biz yang akan dilaksanakan, jadi ibarat kompas dalam mengarungi lautan bisnis apakah kita bertindak efektif & effisien dalam menuju tujuan.
Tiap pelaku biz harus membuat laporan dan proyeksi Rugi Laba, begitu saran beliau.
2. Pricing Policy
Beberapa pertimbangan dalam penetapan harga :
- HPP ( Harga Pokok Pembelian ) atau modal
- Supply & Demand
- Competition
Sedangkan strategi dalam penetapan harga :
- At market price ( harga dibuat sama dengan rata-rata industri atau lingkungannya )
- Below market price ( kebijakan penetapan harga dibawah harga rata-rata industrinya )
- Above market price ( kebijakan penetapan harga diatas rata-rata industrinya, biasanya menonjolkan kualitas produknya )
3. Location
Loication...location...location adalah hal yang penting dalam bisnis ritel.
Tips memilih lokasi :
- Visible ( terlihat oleh calon konsumen )
- Heavy Traffics ( lalu lintas yang padat )
- Direction to home ( letak lokasi diutamakan jalur arah pulang para calon konsumen )
- Public Fasilities ( Lokasi ideal berada didekat fasilitas publik misal : Terminal, pasar, pusat belanja, mall, tempat makan minum dll )
- Acquisition Cost ( Biaya akuisisi dari lokasi yg kita incar, kita harus berhitung benar dalam biaya akuisisi ini terhadap dampak bisnis )
- Regulasi ( ini hal penting juga, karena setiap lokasi berbeda dalam hal aturan oleh pemda ataupun para pengelola lingkungan )
- Access ( Lokasi yang baik harus gampang diakses oleh calon konsumen )
4. SDM
Ungkapan People Make Different adalah benar adanya karena bagaimana dan seperti apa sebuah perusahaan sangat tergantung pada orang yang menjalankannya termasuk owner.
Adapun hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam perusahaan bisnis adalah sbb :
- Budaya perusahaan : Harus ditetapkan secara tertulis dan disosialisasikan pada karyawan.
- Attitude Personal/karyawan mencerminkan attitude perusahaan juga
- Mendapat versus Membentuk : dalam merekrut karyawan baru bisa dengan cari yang sudah experince ataupun masih nol pengalaman, masing-masing punya kekurangan dan kelebihan serta perlakuan yang berbeda.
Contoh budaya perusahaan yang perlu diresapi oleh semua karyawan :
a. Integritas >>>>> satunya kata dan perbuatan
b. Kerja keras
c. Berpikir positif
d. Berpikir terbuka (open mind)
e. Belajar terus menerus>>>Karena masa depan selalu berubah
f. Saling menghormati
g. Melayani
h. No Excuses
Tujuan perusahaan harus menjadi bagian dari tujuan bersama dari orang-orang yang bekerja bersama kita.
5. Inventory Management
- Just enough is ideal
Tapi kebanyakan kemungkinan :
- Over stock
- Under Stock
Kunci biz ritel adalah ITO ( Inventory Turn Over ) atau perputaran barang. Dan harus fokus pada barang yang laku & tidak laku.
Rumus matematis ITO : (stock/sales)x 30 hari
Alasan mengapa biz ritel sangat menarik dari industri lain adalah sifatnya yg menghasilkan uang cash tiap hari ( uang harian ). Bayangkan bila hal ini dikombinasikan dengan TOP (Term Of Payment ) atau bayar tempo maka kita bisa berbisnis tanpa modal untuk inventory.
6. Service
- Service adalah senjata rahasia dalam menghadapi persaingan
- Loyal Customer >>> ini yang menghidupkan bisnis kita
- Service yang outstanding membuat harga tidak relevan lagi
Demikian rangkuman dari ilmu ritel dari CF Guswai, untuk lebih detilnya silahkan baca bukunya " Basic Principles of retail Bussiness".
Demikian dan mudah-mudahan bermanfaat, apalagi kalau langsung kita praktekan...pasti sungguh dahsyat nanti efeknya.
Berikut ringkasan dari menimba ilmu beliau.
1. Kelayakan Biz & Aspek Keuangan
Banyak dari para peserta yang hadir tersenyum kecut saat dibahas masalah ini, karena merasa ditelanjangi dan menohok pada biz-nya masing-masing. Kebanyakan para UKM di Indonesia yang baru memulai biz, melupakan hal ini. Padahal ini adalah dasar ( Cetak biru ) dari biz yang akan dilaksanakan, jadi ibarat kompas dalam mengarungi lautan bisnis apakah kita bertindak efektif & effisien dalam menuju tujuan.
Tiap pelaku biz harus membuat laporan dan proyeksi Rugi Laba, begitu saran beliau.
2. Pricing Policy
Beberapa pertimbangan dalam penetapan harga :
- HPP ( Harga Pokok Pembelian ) atau modal
- Supply & Demand
- Competition
Sedangkan strategi dalam penetapan harga :
- At market price ( harga dibuat sama dengan rata-rata industri atau lingkungannya )
- Below market price ( kebijakan penetapan harga dibawah harga rata-rata industrinya )
- Above market price ( kebijakan penetapan harga diatas rata-rata industrinya, biasanya menonjolkan kualitas produknya )
3. Location
Loication...location...location adalah hal yang penting dalam bisnis ritel.
Tips memilih lokasi :
- Visible ( terlihat oleh calon konsumen )
- Heavy Traffics ( lalu lintas yang padat )
- Direction to home ( letak lokasi diutamakan jalur arah pulang para calon konsumen )
- Public Fasilities ( Lokasi ideal berada didekat fasilitas publik misal : Terminal, pasar, pusat belanja, mall, tempat makan minum dll )
- Acquisition Cost ( Biaya akuisisi dari lokasi yg kita incar, kita harus berhitung benar dalam biaya akuisisi ini terhadap dampak bisnis )
- Regulasi ( ini hal penting juga, karena setiap lokasi berbeda dalam hal aturan oleh pemda ataupun para pengelola lingkungan )
- Access ( Lokasi yang baik harus gampang diakses oleh calon konsumen )
4. SDM
Ungkapan People Make Different adalah benar adanya karena bagaimana dan seperti apa sebuah perusahaan sangat tergantung pada orang yang menjalankannya termasuk owner.
Adapun hal-hal yang perlu mendapatkan perhatian dalam perusahaan bisnis adalah sbb :
- Budaya perusahaan : Harus ditetapkan secara tertulis dan disosialisasikan pada karyawan.
- Attitude Personal/karyawan mencerminkan attitude perusahaan juga
- Mendapat versus Membentuk : dalam merekrut karyawan baru bisa dengan cari yang sudah experince ataupun masih nol pengalaman, masing-masing punya kekurangan dan kelebihan serta perlakuan yang berbeda.
Contoh budaya perusahaan yang perlu diresapi oleh semua karyawan :
a. Integritas >>>>> satunya kata dan perbuatan
b. Kerja keras
c. Berpikir positif
d. Berpikir terbuka (open mind)
e. Belajar terus menerus>>>Karena masa depan selalu berubah
f. Saling menghormati
g. Melayani
h. No Excuses
Tujuan perusahaan harus menjadi bagian dari tujuan bersama dari orang-orang yang bekerja bersama kita.
5. Inventory Management
- Just enough is ideal
Tapi kebanyakan kemungkinan :
- Over stock
- Under Stock
Kunci biz ritel adalah ITO ( Inventory Turn Over ) atau perputaran barang. Dan harus fokus pada barang yang laku & tidak laku.
Rumus matematis ITO : (stock/sales)x 30 hari
Alasan mengapa biz ritel sangat menarik dari industri lain adalah sifatnya yg menghasilkan uang cash tiap hari ( uang harian ). Bayangkan bila hal ini dikombinasikan dengan TOP (Term Of Payment ) atau bayar tempo maka kita bisa berbisnis tanpa modal untuk inventory.
6. Service
- Service adalah senjata rahasia dalam menghadapi persaingan
- Loyal Customer >>> ini yang menghidupkan bisnis kita
- Service yang outstanding membuat harga tidak relevan lagi
Demikian rangkuman dari ilmu ritel dari CF Guswai, untuk lebih detilnya silahkan baca bukunya " Basic Principles of retail Bussiness".
Demikian dan mudah-mudahan bermanfaat, apalagi kalau langsung kita praktekan...pasti sungguh dahsyat nanti efeknya.